08 Jul, 2021

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Merancang Campaign di TikTok

TikTok for Business adalah solusi bagi brand untuk tampil dan menunjukkan jati dirinya lewat konten yang sudah dipersonalisasi lewat iklan video TikTok In-Feed. Mulai dari awareness (kesadaran) , ke consideration (pertimbangan), hingga conversion (konversi). Brand kamu bisa menjangkau banyak orang di seluruh dunia dengan mudah.

Untuk menayangkan iklan mu di TikTok, tentu terlebih dulu kamu harus membuat akun TikTok Ads Manager (melalui verifikasi) dan melakukan konfigurasi akun (mengatur kredit & payment). Tapi apa langkah selanjutnya? Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat kampanye mu sendiri di TikTok:

Rancang Iklan Kreatif Kamu

Perhatikan target audiens dan tujuan kampanye mu dalam merancang iklan kreatif. Selalu sertakan juga “call to action” untuk mengarahkan audiens ke langkah selanjutnya yang harus mereka lakukan setelah melihat iklanmu. Jangan lupa untuk mengoptimalkan creative tools yang ada di TikTok Ads Manager seperti Smart Video atau Video Template. Kamu juga bisa menggunakan Automated Creative Optimization dan biarkan sistem kami mengidentifikasi kombinasi terbaik dari materi dan teks iklan untuk tujuan kampanye kamu.


Tentukan Target dan Tujuan Kampanye

Apapun target bisnis kamu, TikTok Ads Manager punya solusinya. Ada 3 target kampanye yang bisa kamu pilih di TikTok: Awareness (target: reach & video views), consideration (target: traffic & app install), and conversion (target: conversion). Kalian bisa menyesuaikan opsi yang ada sesuai dengan target bisnis yang ingin dicapai.

Sedikit masukan bagi kamu yang punya target kampanye conversion, lebih baik untuk melakukan kampanye traffic terlebih dahulu di satu minggu pertama. Hal ini bisa mengoptimalkan target kampanye conversion kamu selanjutnya.


Optimasi Kampanye Kamu Setelah kamu siap dan telah menjalankan kampanyemu, jangan lupa untuk melakukan optimasi. Lihat kembali berbagai hal yang memungkinkan untuk dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja kampanye. Kamu juga bisa melakukan pengujian untuk melihat mana yang paling optimal untuk kampanyemu.

Beberapa hal yang bisa kamu optimalkan mulai dari target audiens, materi iklan, hingga tawaran & anggaran iklan. Untuk mempermudahnya, kamu bisa mengunduh Report Campaign yang sudah dijalankan sebelumnya. Keseluruhan hasil report akan membantumu lebih mudah menentukan bagian mana yang akan kamu optimalisasi ulang.

Di luar hal-hal tersebut, lebih lanjut kamu bisa memanfaatkan fitur bernama Pixel. Pixel adalah sistem pelacakan yang dipasang untuk memahami perilaku pengguna di web kalian dan membantu sistem mengoptimalkan kinerja. Jadi, tidak hanya menemukan market baru, kamu juga bisa melakukan strategi remarketing dengan Pixel di TikTok.

TikTok menawarkan tempat bagi brand untuk beriklan secara fleksibel menyesuaikan target masing-masing bisnis. Dengan konten yang autentik dan dilihat oleh seluruh dunia, apa lagi yang kamu tunggu? Ayo mulai kampanye pertamamu di TikTok!


Artikel Terkait

Strategi 08 Jul, 2021

Melihat Bagaimana TikTok Membantu Bisnismu Berkembang

Baca Selengkapnya

Konten Kreatif 08 Jul, 2021

Tips dalam Membuat Konten Kreatif

Baca Selengkapnya

Iklan di TikTok 08 Jul, 2021

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Merancang Campaign di TikTok

Baca Selengkapnya